Diusir Trump, Warga Indonesia di AS Ajukan Gugatan Hukum - SOLUSI KITA

Breaking

Wednesday, October 18, 2017

Diusir Trump, Warga Indonesia di AS Ajukan Gugatan Hukum


SOLUSI KITA Banyak warga indonesia yang menetap di amerika, mereka bekerja atau berkarir disana. aturan baru amerika untuk pendatang sangat membingungkan bagaimana pun alasanya mereka yang bukan dari amerika harus pergi.

Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan pelaksanaan deportasi terhadap dua WNI di Negara Bagian New Hampshire, Amerika Serikat, Meldy dan Eva Lumangkun, ditunda, setelah keduanya mengajukan gugatan hukum.
"Gugatannya adalah habeas corpus, yaitu gugatan yang mirip praperadilan untuk menguji keabsahan satu langkah hukum," kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal, kepada BBC Indonesia, Selasa (17/10).
"Mereka mengajukan suaka sejak paska 1998, tetapi ditolak, sehingga keluarlah perintah deportasi itu. Dan mereka (pun kemudian) mengajukan habeas corpus. Hakim sudah mengeluarkan keputusan sela yang meminta deportasi ditunda."
Penundaan deportasi ini, menurut Lalu, akan berlaku sampai pengadilan memutuskan apakah "memiliki kewenangan untuk menangani gugatan tersebut atau tidak."
Kebijakan imigrasi pemerintahan Presiden Donald Trump mendapat banyak kritikan. (Reuters)


Sebelumnya, karena status mereka yang ilegal di Amerika, Meldy dan Eva, harus melapor diri tahunan yang disebut 'chek-in' ke pihak Imigrasi dan Penegakan Bea Cukai Amerika Serikat (ICE).
Namun, tahun ini pertemuan yang digelar pada bulan Agustus tersebut, berbeda. Di bawah pemerintahan Trump mereka diminta untuk segera membeli tiket, dan harus terbang pulang ke Indonesia dalam dua bulan.
Lebih ketat dibanding Obama
Meldy dan Eva adalah dua dari sekitar 2.000 warga etnik Cina asal Indonesia yang melarikan diri ke New Hampshire, karena ketakutan terhadap persekusi pada etnik Cina menyusul kerusuhan 1998. Mayoritas dari mereka masuk ke Amerika Serikat dengan menggunakan visa turis, kemudian diam-diam tinggal lama di sana, dan menjadi penduduk ilegal.
Di era presiden obama tidak ada aturan seperti ini , tapi sekarang beda dari dulu kebijakan imigrasi di pemerintahan Donald Trump akhirnya mendapat banyak kritikan.

TAG 
berita hari ini ahok,berita hari ini kompas,berita hari ini di tv one,berita hari ini metro tv,berita hari ini jokowi,berita hari ini jokowi vs prabowo,berita hari ini malaysia,berita hari ini gempa,berita hari ini metro,berita hari ini jakarta,berita hari ini first travel,berita hari ini di malaysia,berita hari ini medan,berita hari ini gunung agung,berita hari ini di bali,berita hari ini youtube,berita hari ini di bandung,berita hari ini malang,berita hari ini semarang,berita hari ini 2017

No comments:

Post a Comment